Jumat, 20 Juli 2012

hasil produksi di negara maju dan berkembang

Di negara berkembang duapertiga atau lebih penduduknya tinggal di pedesaan dan mata pencarian utama adalah pertanian. Alasan utama terkonsentrasinya penduduk dan produksi dalam aktivitas pertanian dan produksi primer lainnya adalah bahwa pada tingkat pendapatan yang rendah perioritas pertama setiap orang adalah pangan, pakaian dan papan. Rendahnya produktivitas pertanian di negara berkembang disebabkan karena besarnya jumlah penduduk dibandingkan dengan lahan pertanian yang tersedia, juga disebabkan karena teknologi yang dipergunakan pada sektor pertanian masih bersifat primitif, terbatasnya modal fisik dan kemampuan manusianya.
Dari sisi lain negara-negara berkembang pada umumnya lebih banyak berorientasi kepada produksi barang primer (pertanian, bahan bakar, hasil hutan, dan bahan mentah). Barang-barang primer tersebut merupakan ekspor utama ke negara lain. Dari sisi volume ekspor cukup tinggi, tapi nilai ekspornya rendah. Alhasil kontribusi sektor primer terhadap PDB juga rendah. 

contoh
 negara maju : Amerika Serikat
1. Motor Harley Davidson
Motor Harley Davidson mulai melintasi jalan-jalan Amerika Serikat pada tahun 1903. Merek motor kebanggaan AS ini memiliki tiga ciri khas yang tak bisa terbantahkan lagi. Bersuara lantang, kokoh dan gagah. Belum ada negara di dunia ini yang bisa meniru motor eksklusif buatan Amerika itu. Merek Harley Davidson pun mengalirkan keuntungan. Bagaimana tidak setiap tahunnya Harley Davidson menerima pemasukan U$40 juta hanya dari lisensi logo dan desain merek.

2. Film HollyWood
Hingga saat ini Hollywood tetap menjadi raja dunia perfilman dunia. Tahukah anda bahwa 87 dari 100 film terlaris sepanjang masa yaitu sekitar US$67,5 miliar merupakan buatan negara Amerika Serikat.

Adapun sisa 13 film lainnya adalah buatan Sony Pictures Corporation, yang tak lain adalah anak perusahaan dari Sony Corporation yang berpusat di Jepang. Film paling laris sepanjang masa adalah Avatar produksi News Corp menghasilkan pendapatan US$2,8 miliar. Film terlaris kedua adalah Titanic besutan Viacom dengan pendapatan US$2,2 miliar. Di urutan ketiga ada film Marvel's produksi Walt Disney Company  mendapat pemasukan US$1,3 miliar.

3. Alat Persenjataan
Sejumlah merek perusahaan besar Amerika Serikat masih mendominasi bisnis persenjataan dunia. Sebut saja Locheed Martin, Northrop Grumman dan Boeing adalah perusahaan terbesar asal Amerika Serikat yang memproduksi senjata dan teknologi. Pada tahun 2011 saja tiga perusahaan ini mampu menerima pendapatan sebesar US$27,5 miliar. Hingga saat ini Amerika Serikat menjadi negara eksportir senjata terbesar di dunia.

4. Korek Api Zippo
Zippo mulai terkenal mulai saat perang dunia II. Merek ini ini juga salah satu ikon bersejarah negara Amerika Serikat selain Harley Davidson. Zippo hingga kini telah mendesain dan memproduksi ribuan bentuk. Keunggulan korek ini mampu menyala meski tertiup angin kencang. Pertengahan tahun 2012, Zippo telah merilis pemantik api ke 500 juta.

5. Komputer (Apple, Hewlett-Packard dan DELL)

Untuk produk komputer, perusahaan Amerika Serikat juga masih diunggulkan. Ada tiga perusahaan asal AS yang merajai penjualan komputer dan notebook dunia saat ini. Merek komputer tersebut adalah Apple, Hewlett-Packard dan DELL. Untuk software didominasi oleh Microsoft, Oracle, Symantec, CA, VMware, Adobe System dan Intuit


negara berkembang : Indonesia
·         padi
·         jagung
·         karet
·         bijih besi
·         plat baja
·         teh
·         kopi 
·         minyak mentah
·         kayu lapis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar